Friday, September 09, 2005

generasi yg dibodohi televisi

Image hosted by Photobucket.com

"The most important thing that we've ever learned
as far as children are concerned
Is never, never let them near a television set,
or better still just don't install the idiotic thing at all

It rots the senses in the head
It kills imagination dead
It clogs and clutters up the mind
It makes a child so dull and blind


He can no longer understand a fairytale, in fairyland
His brain becomes as soft as cheese
His thinking powers rust and freeze
He cannot think, he only sees"

-oompa loompa's-
(i mean roald dahl in "charlie and the chocolate factory")


huhuu.. bagus banget ya liriknya oompa loompa pas mereka nyanyi buat mike teavey.
mungkin itu yg menjelaskan kenapa ada perbedaan antara generasi yg banyak membaca dengan generasi yg banyak nonton TV. somehow dari orang2 yg rajin membaca gw sering mendapat banyak ilmu. sementara dari orang2 yg rajin nonton TV gw hanya mendapat banyak cerita.

itu sebabnya dulu kalo ada profil di majalah2, yg jadi idola biasanya emang tokoh2 besar kayak mahatma gandhi, martin luther king, sampai pimpinan2 negara. sementara kalo jaman sekarang, yg jadi idola pasti selebritis. huhuuu.. how decadent we are..

gw sendiri? hmmm.. gw semasa kecil juga dibiasain untuk baca. gw inget, jamannya SD-SMP kalo kita (gw, kakak gw, dan adik gw) naik kelas, pasti nyokap langsung ngajak ke gramedia. dan kita seneeeeng banget karena kita bakal dibeliin buku banyaakk sebagai hadiah naik kelas/rapor bagus (tentunya rapor gw biasanya yg paling biasa2 aja nilainya.. huehehehe). i wonder, kalo anak sekarang naek kelas hadiah dari orang tuanya apa ya???

bahkan, omelan nyokap gw kalo nilai gw jelek adalah: "kamu belajar dong, jangan cuma baca buku cerita melulu." hihihi.. kontras banget ya, kebayang kalo anak sekarang jangan2 omelannya: "kamu belajar dong, jangan cuma narkoba melulu." huahahahaha... (lucu, tp kok miris jg yaa...)

well tapi dr kecil gw juga senang nonton tv, walaupun gak semaniak itu juga. mungkin gw ini generasi yg di tengah2 ya. buktinya, sejak kuliah banyak banget buku yg gw beli tapi belum kebaca sampai sekarang. gw sangat malas membaca, makanya gw begitu banyak tertinggal dengan teman2 gw. lebih enak nonton DVD kemana2. hehehe..

gw beli beberapa DVD dokumenter yg sarat pengetahuan, tp gw juga males nontonnya. gw juga males nonton national geographic atau discovery channel. lebih enak nonton sitcom atau tv seri.. ;p

kalo mau bersikap agak moderat, sebetulnya banyak acara TV yg menghibur dan bagus/berkualitas. tapi yang harus diperangi adalah sinetron2 gak jelas dan some reality show yang benar2 pembodohan. tapi gimana dong ya kalo emang audience-nya seneng dibodohi atau dikasih mimpi2 doang?

2 Comments:

At September 20, 2005 8:44 PM, Blogger anakzaman said...

"somehow dari orang2 yg rajin membaca gw sering mendapat banyak ilmu. sementara dari orang2 yg rajin nonton TV gw hanya mendapat banyak cerita."

Gue ngga setuju wan. Ilmu bisa didapat dari buku, TV, internet, radio, etc. Cerita bisa didapat dari buku, TV, internet, radio, etc. Semuanya tergantung dari filter, dari pilihan, dari option.

Bedanya adalah kemudahan untuk memfilter. Anak kecil ngga mungkin baca semua buku di Gramedia, biasanya orang tua yang milih buku apa buat dibaca si anak. Sedangkan TV, anak kecil tinggal mencet remote dan bisa nonton apa yg dia mau kecuali kalo orang tua yang mencet remote dan mastiin yang ditonton si anak kecil adalah tontonan berbobot.

Problemnya adalah semakin malasnya manusia. Daripada susah payah ke Gramedia dan ngabisin uang mendingan si anak didiemin di rumah dan dikasih remote control. Jangan heran kalo kemudian si anak jadi punya banyak cerita.

Tetapi seandainya si anak itu ditinggal di Gramedia 2 bulan, yang bakal dibaca tentunya yang dia pengen. Dan biasanya ini adalah komik atau buku dengan cerita yg ngga jelas. Dan akhirnya si anak akan punya lebih banyak cerita ketimbang ilmu.

 
At September 21, 2005 1:42 PM, Blogger iwan paul said...

sebetulnya yg digugat sama roald dahl itu adalah: kebiasaan nonton tv sudah banyak menggantikan kebiasaan membaca buku. padahal baca buku itu membantu anak belajar berimajinasi, semua cerita, karakter, dll berkembang di pikiran dia. sementara di tv kan semuanya udah terpampang jelas: visualnya seperti ini, suaranya seperti itu, tinggal trima aja plek2 gitu. apalagi tv banyak acaranya yg gak mutu.

udah gitu, kok somehow gw ngerasa ada perbedaan antara generasi yg byk baca buku dgn yg byk ntn tv. mungkin krn gw yg ada di tengah2 kali ya. preferensinya beda. ngobrolnya beda. emang gak bisa digeneralisir. tp paling tidak, ngobrol dgn org yg banyak baca buku itu (dr generasi mana pun dia) rasanya gw lebih banyak dapet ilmu gitu.

yah mungkin intinya: kita belajar bisa dr (media) mana aja. tp baca buku itu tetap penting. gitu aja sih ndra.. hehehehe..

 

Post a Comment

<< Home