Monday, May 30, 2005

kenapa perut gendut?

a.k.a. pengetahuan dasar bagi yang ingin mengecilkan perut


gw cuma ingin berbagi pengetahuan. bukan berarti perut gw rata. bukan jg bermaksud nyela yg perutnya gendut. siapa tau bisa berguna buat yg pengen ngecilin perut.

di pertengahan taun 2002, temen gw ada yg pergi ke dokter akupunktur yg spesialis ngurangin lemak*. temen gw itu (yg lagi pengen ngecilin perutnya) cerita kl si dokter bilang bahwa di perut itu ada usus, otot, dan lemak. lalu, pengobatan dokter itu cuma buat mengurangi lemak di perut. di samping itu temen gw itu hrs ngejalanin diet yg selain utk mengurangi asupan lemak ke tubuh, juga biar ususnya gak melar. dan sit-up buat ngencengin otot perut.

seiring dgn perjalanan waktu, dan info2 yg gw serap dr majalah atau cerita2 orang, otak gw membuat berbagai kesimpulan tentang ini. jadi kl gw coba jabarkan kenapa perut gendut, kurang lebih begini.

di perut kita itu ada 3 lapisan yaitu: usus (yang paling dalam), otot (di tengah2), dan lemak yg terletak persis di bawah kulit.

usus

(ini termasuk lambung dan beberapa organ pencernaan lain, tapi biar gampang gw tulis aja usus). usus itu elastis. kl kita merasa kenyang setelah makan, itu berarti usus udah terisi sesuai kapasitasnya. kl kita makan lebih dr kapasitas usus, maka usus bakal melar. dan kl ini dibiasakan maka kapasitas usus bakal bertambah besar. semakin besar usus, semakin gendut perut, semakin banyak porsi kita makan krn dgn porsi yg standar masih ada ruang kosong di usus yg minta diisi.

ini jg sebabnya kenapa peminum bir berperut gendut. peminum bir itu kan biasa minum bergelas2 bir dlm waktu yg singkat. ini artinya usus menerima volume zat yg lebih besar dari kapasitas normalnya. makanya dia melar.

meskipun bisa melar, usus jg bisa menyusut kembali ke kondisi normalnya. seseorang yg biasa makan 1 1/2 atau 2 porsi tinggal mengurangi porsi makannya menjadi 1 porsi standar. awalnya pasti nggak enak, krn ada ruang kosong di usus yg belum terisi, jd rasanya blm kenyang. tp kl ini dibiasain, lama2 dgn 1 porsi standar jg rasanya udah cukup kenyang, krn usus sudah menyusut ke ukuran normalnya.

itu sebabnya, makanlah secukupnya. kl mo makan banyak sekali2 gak papah, tp jangan jd kebiasaan. lagipula kesian kan kalo organ pencernaan harus bekerja ekstra krn kita makannya selalu banyak. sekali2 minum bir banyak jg gakpapah, asal jangan keseringan.

otot

rata2 orang yg aktifitas fisiknya lumayan (sering bergerak, atau suka olahraga minimal sekali seminggu) pasti otot perutnya udah kebentuk kotak2. cuma kenapa banyak dr mereka yg perutnya tidak terlihat six pack? krn ketutup lemak. makanya orang yg kurus (baca: lemaknya dikit) itu otot perutnya keliatan kotak2. contohnya ya para tukang, pengrajin, dan kuli2 bangunan.

sit-up (dan berbagai latihan utk otot perut) pastinya bakal membentuk dan menguatkan otot perut. biasanya di awal latihan, krn otot perut mengencang maka otot itu bakal menekan usus (yg melar, kl ususnya normal sih rasanya nggak ya). ini yg bikin org yg biasanya makannya banyak, setelah mulai sit-up kapasitas makannya menurun (cepet ngerasa kenyang).

Image hosted by Photobucket.com

lemak

ini dia faktor yg paling krusial. tubuh tiap manusia itu punya karakteristik yg beda2 dlm mengolah lemak. ada yg mudah membuang lemak, jd sebanyak apapun mengkonsumsi lemak, tetep aja gak gemuk2; ada yg lemaknya nyebar ke semua badan; ada yg ke bagian tertentu aja kyk perut, paha, lengan, pantat, pipi, dll. tp biasanya laki2 mulai umur 25 tahun ke atas, problemnya adalah lemak di perut dan pinggang.

penyebab lemak yg utama adalah pola makan. lemak hewan (ayam, sapi, kambing, dll hingga ke hasil olahannya seperti susu, keju, butter) maupun nabati (mentega, minyak goreng, santan) adalah penyumbang lemak terbesar bagi tubuh. gula dan karbohidrat pun kl tidak digunakan untuk energi beraktivitas akan diolah tubuh menjadi lemak.

ini yg sering tidak disadari orang. banyak org yg mengambil jalan pintas untuk melangsingkan tubuh, seperti: akupunktur/tusuk jarum/metode suntik, minum jamu peluruh lemak, bahkan sampai sedot lemak; tapi mereka gak sadar kalo itu betul2 hanya sesaat. krn setelah lemak hilang, kl pola makannya tidak dijaga ya lemak akan menimbun lagi.

terus, gimana cara mengurangi lemak di perut ini? banyak org yg bilang kita harus sering2 sit-up. menurut saya, iya dan tidak. iya, jika itu dilakukan dengan repetisi yg sangat banyak. tp jika repetisinya hanya sedikit, meskipun berat, ini hanya akan memperkuat dan membentuk otot perut, tapi tidak membakar lemak di perut. krn proses pembakaran lemak yg paling efektif itu ada pada kegiatan aerobik yg gerakannya banyak, seperti: senam aerobik, jogging, hiking, dll, serta olahraga2 yg menguras tenaga dan keringat. semakin banyak kita bergerak, semakin banyak energi yg dibutuhkan tubuh, semakin banyak lemak yg dibakar.

tp memang (konon menurut seorang teman saya), sayangnya, lemak di perut adalah yg terakhir hilang, dibandingkan dgn lemak di bagian tubuh lain. mungkin krn memang konsentrasinya paling banyak di situ. jadi meskipun effortnya sudah sedemikian rupa, dan sedemikian banyak lemak yg terbakar, tetep aja lemak di perut susah ilang.

tapi lagi2 ya balik lagi: intinya ada di pola makan. kl pola makannya tetap (mengkonsumsi banyak lemak, gula, dan karbohidrat), meskipun olahraganya banyak ya hasilnya gak akan maksimal. lagipula yg namanya lemak (kolesterol jahat/LDL) itu jelas gak baik buat tubuh, bisa memicu penyakit jantung, darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat (arthritis gout), dan masih banyak penyakit2 urban lainnya. jd dgn ngejaga pola makan kita bs dapet 2 keuntungan sekaligus: perut less gendut dan badan sehat.

kesimpulan

jaga pola makan dan olahraga itu penting. kl dua hal ini bisa dilakukan, niscaya badan akan lebih sehat. soal gendut atau nggak sih mungkin bisa jadi nomer sekian ya (hehehe.. kok melenceng dr judulnya?). tp kl badan lebih sehat dan umur lebih panjang kan kita bisa berbuat lebih banyak buat sekitar kita. amin! hehehe..


*) fyi aja, konon dokter ini bisa ngilangin lemak di berbagai bagian tubuh: perut, paha, pantat, dll, termasuk bikin pipi nggak tembem, mengurangi nafsu makan, sampai mengencangkan payudara. metodenya selain disuntik vitamin C, juga tusuk jarum buat menstimulasi/mematikan syaraf2 tertentu.


tulisan2 saya tentang tips2 praktis maupun pengetahuan umum lainnya bisa anda dapatkan di TIPS2.

4 Comments:

At June 02, 2005 3:17 PM, Blogger Tangerine Dreams said...

wan... jgn sampe gara2 tulisan ini elu dipanggil ke kamar bos elu ya... :D

 
At June 07, 2005 11:07 AM, Blogger estralita said...

This comment has been removed by a blog administrator.

 
At November 25, 2007 11:04 AM, Anonymous Anonymous said...

Terima kasih infonya sangat bermafaat sekali buat saya

 
At November 14, 2008 2:05 PM, Anonymous Anonymous said...

yang jadi masalah saya jarang makan nih, untuk sepiring nasi aja nyarinya susah banget

 

Post a Comment

<< Home